Berbagai Penyebab Mata Panda

Mata panda atau lingkaran hitam di bawah mata kerap diidentikkan dengan kurang tidur. Tapi, kurang tidur bukan satu-satunya penyebab mata panda. Orang yang dehidrasi, mengalami penuaan, atau menderita penyakit tertentu juga dapat mempunyai mata panda.

Mata panda dapat dialami oleh pria maupun wanita. Ciri-cirinya, bagian kantung mata berwarna lebih gelap dari warna kulit wajah. Keberadaannya memberi kesan lebih tua dari umur sesungguhnya. Mata panda yang mungkin dirasa membuat aku resah dari sisi penampilan oleh sebagian besar kaum hawa ini, biasanya disebabkan oleh:

Kurang tidur

Ketika kurang tidur, darah tidak mengalir dengan baik. Alhasil, darah yang terkumpul di bawah mata dapat terlihat, sebab kulit di daerah ini sungguh-sungguh tipis. Kecuali mata panda, kurang tidur juga membuat mata menjadi terlihat sembab. Karena kurang tidur dapat menyebabkan tubuh menjadi lelah, karenanya penampilan wajah bahkan dapat menjadi kusam dan timbul mata panda.

Faktor umur

Seiring bertambahnya umur, kulit menjadi semakin tipis. Pelan-lahan, kulit juga mulai kehilangan elestasitasnya. Ketika kondisi ini terjadi, pembuluh darah di bawah mata semakin terlihat jelas sehingga menyebabkan mata panda.

Kultur menatap layar

Menatap layar TV, komputer, atau telepon genggam dalam waktu lama dapat mengakibatkan ketegangan pada mata. Ketegangan ini menciptakan pembuluh darah di sekitar mata membesar. Alhasil, kulit di sekitar mata menjadi gelap.

Genetika

Mata panda juga dapat diturunkan dalam keluarga. Kecuali itu, orang yang mempunyai kulit lebih gelap juga lebih berisiko mengalami mata panda.

Dehidrasi

Dehidrasi juga dapat menjadi penyebab mata panda. Ketika tubuh kekurangan air, kulit di bawah mata akan terlihat cekung dan sayu.

Kultur mengisap rokok dan minum alkohol

Gaya hidup yang tidak baik, seperti adat istiadat mengisap rokok dan mengkonsumsi alkohol, juga dapat menyebabkan mata panda sebab menumpuknya cairan di dalam tubuh. Efek mengkonsumsi alkohol dan mengisap rokok lama kelamaan dapat membuat aliran darah di kulit wajah menjadi tidak lancar sehingga lingkar mata terlihat lebih gelap seperti mata panda.

Paparan sinar sang surya

Paparan sinar sang surya dapat memicu tubuh memproduksi lebih banyak melanin atau pigmen penggelap kulit. Paparan sinar sang surya yang mengenai mata dapat menyebabkan pigmentasi di kulit sekitar mata, sehingga warnanya menjadi lebih gelap.

Alergi

Tanggapan alergi dan mata kering dapat memicu lingkaran hitam page one google. Ketika mengalami alergi, tubuh akan melepaskan histamin sebagai tanggapan terhadap pemicu alergi. Histamin dapat menyebabkan pembuluh darah membesar dan menjadi lebih terlihat, termasuk yang berada di bawah mata.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*